Rabu, 16 Mei 2012

Memburu Tornado

Sepertinya pria ini berlari ke arah yang salah. Tapi untuk beberapa pilihan, persis di mata badai-lah mereka ingin berada. Insinyur Tim Samaras, difoto di sini oleh Carsten Peter, adalah pemburu tornado. Samaras menghabiskan berbulan-bulan setiap tahun mencari tornado yang sempurna, sebuah fenomena meteorologi yang masih hanya sebagian dipahami oleh para ilmuwan. Mengemudi mobil van dilengkapi dengan enam alat riset yang dirancang untuk mengukur kecepatan angin dan arah tornado, tekanan udara, kelembaban, dan suhu, Samaras berharap untuk menempatkan rekan timnya - Peter, Pat Porter, dan seluruh tim dari National Geographic - di jalur badai. Sementara itu, Peter ingin menjadi fotografer pertama yang memfilmkan bagian dalam tornado. 

Sekitar 1.000 dari pasukan perusak berputar yang terbuat dari putaran udara ini melalui Amerika Serikat setiap tahun, lebih dari negara lain di dunia. Tornado yang  kuat dapat membuat angin yang berhembus hingga 205 kilometer per jam, mereka memperluas kerusakan jalan sejauh 1 mil lebar dan 50 mil panjang. Sekitar 40 persen dari mereka yang  mendarat di daratan pusat negara dari Maret sampai Juli, pada saat dingin, udara kering dari Pegunungan Rocky berbaur dengan udara hangat, tersembunyi dari Teluk Meksiko.

 Samaras dan Peter tidak sendirian dalam obsesi tornado mereka. Sebuah industri wisata yang berkembang  dikirim untuk menyaksikan badai yang telah berkembang di "Tornado Alley," daerah yang terletak di antara South Dakota dan Texas. Mereka yang ingin mendapatkan ketegangan di angin yang melolong-lolong dapat memesan liburan dari perusahaan seperti Storm Chasing Adventure Tours (Tur Petualangan Memburu Badai), yang membawa mereka ke tempat-tempat yang paling sering terjadi badai-badai ekstrim. 

 Untuk Carsten Peter, saat ia menunggu adalah saat yang se-dramatis yang dia harapkan, tetapi terkadang juga meresahkan. "Ini situasi yang menakutkan," katanya. "Pertama, sebuah struktur indah yang sempurna datang ke arah anda, dan kemudian ada suara bising, lalu semuanya termakan - Segalanya. tiang listrik tersedot ke atas dari tanah, semua kabel baja terobek dari pagar-pagar logam, dan pagar-pagar tertiup rata, tidak meninggalkan apapun selain padang rumput asli. Itu benar-benar gila.. "

sumber: Nat Geo Amazing  

Storm Chasers Season 3-Episode 6-Fight or Flight-Part 1:

2 komentar: